Cara Chating Menggunakan Termux


Hallo teman-teman bertemu lagi dengan saya, sudah lumayan banyak tutorial mengenai termux yang sudah saya bagikan kepada kalian semuanya seperti halnya mengganti style termux, menjalankan bahasa pemrograman dan masih banyak lainya.

Termux memiliki komunitas yang sangat besar di dunia, itu mempermudah bagi kita jika kita mengalami error atau kesalahan dalam termux maka tanyakanlah kepada komunitas termux karena mereka akan langsung membantu, seperti halnya gitter dan irc.

Baca juga cara install sqlmap di smartphone android.

Dalam postingan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya agar bisa melakukan chating menggunakan termux, seperti halnya yang ada di suatu film hekel yang berjudul whoami wkwk, namun ini adalah versi termux.

Kalau kita bisa melakukan chating menggunakan terminal komputer maka kita juga bisa chating menggunakan termux di smartphone android, oke kalau begitu kita langsung masuk ke tutorial di bawah ini.

Pertama, tentu kalian sudah memiliki termux dalam smartphone android kalian, karena jika kalian ingin chating menggunakan termux maka sangat jelas bahwa termux adalah syarat utamanya.

Kedua, jika kalian telah memiliki termux pada smartphone android kalian maka perbarui repository dengan mengetik apt-get update dan enter, setelah selesai maka lanjut mengetik apt-get upgrade kemudian enter.

Ketiga, jika kalian sudah selesai dengan langkah di atas maka selanjutnya adalah kalian harus menginstall irssi yang akan digunakan untuk melakukan chating di termux, install irssi dengan mengetikan pkg install irssi dan enter.

Keempat, jika kalian sudah selesai menginstall irssi maka ketika di termux irssi, ini akan masuk ke dalam irssi dan lanjut ketikan /connect chat(*)freenode(*)net, ini akan menghubungkan kalian ke server freenode (ganti tanda kurung dan bintang menjadi titik).

Kelima, otomatis nick name kalian dalam termux akan menjadi nick smartphone android kalian maka kalian harus merubahnya dengan mengetik /nick Nama-Anda, contohnya /nick w3wandroid namun jika kalian tidak ingin merubah nick maka tidak masalah.

Keenam, diatas adalah langkah untuk menghubungkan kita ke server freenode dan juga mengganti nick, kemudian untuk bisa melakukan chating maka kita harus menggunakan channel irssi.

Karena saya sudah biasa menggunakan channel #modol maka jika kalian ingin mencoba chating dengan saya bisa masuk ke channel #modol dengan mengetik /join #modol namun sebelumnya kalian harus memberitahukan kepada saya agar saya masuk ke dalam channel tersebut.

Perintah join #modol adalah untuk membuat channel namun jika channel yang bernama #modol sudah ada maka kalian akan bergabung dalam channel tersebut.

Ketujuh, jika kalian sudah terhubung ke channel #modol coba kirimkan sesuatu, maka pengguna lainya yang terhubung ke channel #modol juga akan menerima pesan tersebut.

Perlu diketahui, jika kalian ingin melakukan chating pada sebuah channel termux maka agar terhubung dengan seseorang lainya kalian harus masuk ke dalam channel tersebut, jika kalian tidak masuk ke channel maka kalian tidak akan bisa melakukan chating.

Setiap ada pengguna yang masuk ke dalam channel maka otomatis pengguna akan menerima pesan, namun jika pengguna itu keluar dari channel maka pengguna tersebut tidak bisa menerima pesan.

Terima kasih telah membaca sampai akhir tutorial dalam blog w3wandroid tentang chating di termux, semoga bisa membantu kalian untuk mencobanya dalam smartphone android kalian.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.