Cara mengaktifkan firewall di android


Hallo semuanya bertemu dengan saya kembali, sudah lumayan banyak tutorial yang sudah saya posting dalam blog ini, agar bisa saling belajar juga dengan apa yang saya ketahui, dan dalam pertemuan kali ini saya akan membahas mengenai firewall di android, seperti apa firewall di android itu, dan lanjutkan saja membaca di bawah ini.

Apa Firewall?
firewall merupakan dinding api atau pelindung suatu sistem keamanan jaringan ketika ada seseorang yang ingin mengakses suatu jaringan internet kita atau untuk melindungi sebuah serangan dari perangkat lainya, dengan firewall kita bisa menutup celah keamanan jaringan yang di rasa masih tidak aman.

Firewall akan memblok gerbang atau suatu akses jaringan internet yang tidak diizinkan sehingga seseorang penyerang tidak bisa mengakses jaringan internet kita, bisa dibayangkan juga ketika ada seseorang yang tidak di kenal kemudian bisa memasuki suatu jaringan internet milik kita, maka rata-rata seseorang itu bisa menikmatinya secara gratis, namun ada kesalahan yang lebih parah ketika seseorang berhasil masuk ke dalam jaringan internet milik kita, maka mereka bisa saja mengendalikan setiap perangkat yang terhubung dengan akses penuh.

Menggunakan firewall adalah penting untuk keamanan suatu jaringan internet, namun dalam jaman teknologi yang semakin maju kita juga bisa menggunakan firewall di smartphone android yang berfungsi sama seperti yang sudah saya dijelaskan di atas yaitu melindungi suatu sistem keamanan jaringan.

Dalam smartphone android mungkin ada beberapa aplikasi yang terdapat sebuah iklan ketika kita mengaktifkan data atau jaringan internet, karena kita terhubung ke internet maka suatu aplikasi yang berjalan otomatis ikut terhubung ke jaringan internet, kita juga bisa menghentikanya dalam pengaturan smartphone namun itu mungkin bekerja untuk beberapa aplikasi android dan tidak semuanya bisa dihentikan secara paksa.

Maka dari itu guna firewall ini adalah menghentikan aplikasi yang berjalan dengan jaringan internet dalam latar belakang, tentunya agar suatu iklan tidak mengganggu saat kita membuka aplikasi lainya.

Nama aplikasi firewall yang terdapat pada smartphone android adalah NoRoot Firewall, untuk perangkat yang tidak memiliki akses root tenang saja karena aplikasi ini tidak diharuskan untuk menggunakan akses root, kalian bisa mendownloadnya dalam playstore.

Dengan tampilan utama yang menarik, disana akan terlihat tombol start untuk memulai namun jangan lupa centang auto start on boot yang berguna otomatis menjalankan firewall ketika smartphone di restart, kalian bisa melihat lainya dalam menu di atas atau geser ke kiri, disanalah yang bisa kalian lakukan untuk memblok akses jaringan internet pada suatu aplikasi android tentunya agar aman.

Saya rasa karena tampilan aplikasi firewall tidak begitu rumit, maka kalian pastinya akan cepat bisa menggunakanya, kalian hanya mencentang atau block aplikasi yang ingin digunakan atau tidak, memang sangat mudah.

Begitulah firewall di android, membuat jaringan internet kita tidak bisa di akses orang lain karena mereka tidak memiliki izin untuk menggunakanya, bagaimana pun setidaknya kita bisa sedikit lebih lega karena kita bisa menghentikan aplikasi yang membutuhkan jaringan internet di latar belakang yang tidak bisa dihentikan.

Demikian postingan kali ini, mohon maaf bila ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna dan jangan lupa untuk saling berbagi dengan yang lainya.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.