Cara Melihat Kode Sumber Website Menggunakan Android Tanpa Aplikasi


Masih bersama saya disini walau pun saya jarang posting artikel-artikel di blog ini karena ada sesuatu yang harus saya kerjakan tapi kali ini saya akan memberikan tutorial cara melihat source code atau kode sumber situs web menggunakan smartphone dan tentu tanpa membutuhkan aplikasi.

Dalam postingan seelumnya saya juga sudah membagikan artikel cara melihat source code atau kode sumber situs web menggunakan smartphone namun itu juga saya menggunakan suatu aplikasi android untuk bisa melihat kode sumbernya namun tidak dalam postingan kali ini.

Sedikit cerita, kita tentu juga tahu bahwa sekarang smartphone bisa menjadi luar biasa mengikuti perkembangan zaman teknologi, semua yang biasa kita lakukan pada komputer atau pun laptop sekarang bisa kita lakukan pada smartphone seperti halnya programing, deploy website dan masih banyak lagi lainya.

Smartphone perangkat keras yang sangat praktis yang bisa dibawa kemana pun yang kita mau dan juga apa lagi jika smartphone yang kita miliki mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa maka kita tentu akan jadi sangat asyik dalam menggunakanya.

Seperti dalam tutorial kali ini misalnya jika kita ingin melihat source code atau kode sumber suatu situs web menggunakan laptop atau komputer pasti kita menggunakan klik kanan dan pilih lihat sumber laman namun tidak dalam smartphone karena itu bisa dilakukan dengan mudah seperti tutorial sebelumnya yang menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi yang akan kita gunakan dalam tutorial ini.

Dalam tutorial ini untuk melihat kode sumber situs web tentu hanya membutuhkan browser yang paling utama dan jika kita sudah memiliki browser pada smartphone maka kita bisa lanjutkan dengan langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Browser
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas kalian hanya membutuhkan browser untuk bisa melihat kode sumber situs web, browser yang saya gunakan pada smartphone android saya adalah google chrome dan kalian bisa mendapatkanya dengan mudah di playstore.

2. Website
Kemudian kalian silahkan pilih website apa yang akan kalian lihat source kodenya misalnya disini saya contohkan ingin melihat kode sumber situs google maka kalian bisa masuk ke google.

3. URL
Jika kalian familiar dengan url situs web maka kalian tidak perlu bingung karena jika kalian ingin melihat kode sumber situs google maka kalian hanya mengetik di browser kalian lewat google, ketikan seperti berikut

view-source:https://google.com

perintah di atas kalian ketik di browser dan enter maka kode sumber situs google akan langsung muncul pada browser kalian dan kalian juga bisa mencobanya untuk melihat kode sumber situs web yang lainya seperti di atas karena caranya sama, kita hanya perlu mengganti url situs web yang ingin dilihat kode sumbernya dan tambahkan view-source: di depan https:// dan enter maka kode sumber langsung muncul.

Jadi bagaimana teman-teman, memang caranya sangat mudah sekali untuk dilakukan pada smartphone karena seperti yang sudah saya jelaskan di atas kita hanya membutuhkan browser untuk bisa melihat kode sumber suatu situs web dengan sangat mudah.

Melihat kode sumber situs web merupakan untuk pembelajaran saja karena kita pasti penasaran dengan situs web yang terlihat keren atau jika kalian sedang melakukan aktivitas web programing di smartphone dan mendapatkan error pada tampilan web maka kalian bisa menggunakan cara-cara ini untuk melihat error pada kode sumber web dan memperbaikinya.

Terima kasih buat teman-teman yang sudah selalu tetap membaca tutorial dalam postingan blog ini, karena saya disini juga sangat senang berbagi tutorial tentang internet dan android tentu agar kita semua jadi tidak ketinggalan di zaman teknologi yang kian berkembang dengan sangat pesat ini.

Mohon maaf jika ada suatu kesalahan atau kekurangan dalam suatu penjelasan karena tidak ada manusia yang sempurna dan jangan lupa untuk saling berbagi karena semakin banyak berbagi maka kalian akan semakin banyak juga mendapatkan ilmu baru.

Semoga bisa menjadi bermanfaat bagi para pembaca semuanya, sekian dan terima kasih.